Memanfaatkan Lahan Dengan Urban Farming

Dengan luas lahan sekitar 12 m persegi. Saya mencoba untuk memanfaatkan lahan depan rumah sebagai lahan bercocok tanam. Saya mulai coba tanami dengan tanaman singkong, pisang, daun cincau dan bawang daun.

Buah Pisang Pohon Pendek

Singkong sudah pernah panen sekali, saat ini merupakan tanaman singkong periode kedua. Sedangkan daun cincau berkali-kali dipetik daunnya karena Syamilah ternyata suka dengan olahan minuman cincau apalagi dalam keadaan dingin. Sementara pohon pisang saat ini baru mengeluarkan jantung dan buah berukuran kecil.

Biasanya urban farming menggunakan alat dan sistem yang lebih modern seperti hidroponik, vertikultur, dll. Namun Saya masih menggunakan metode pertanian konvensional dengan langsung menanamnya ditanah. Kedepan memang sudah ada rencana untuk menerapkan hidroponik.

Manfaat penerapan urban farming ternyata cukup banyak. Diantaranya

● Menjadikan lahan semakin produktif
● Membantu pemenuhan nutrisi keluarga
● Sebagai langkah penghijauan
● Mendapatkan nilai ekonomi

Salah satu pihak yang sukses menerapkan urban farming adalah warga Cempaka putih. Bahkan hasil pertaniannya mampu membuat restoran dan hotel mengajukan kontrak kerja sama. Berikut link beritanya. https://bit.ly/2zoRPX3

Selain mendapat manfaat seperti yang tertera diatas. Secara psikologis melakukan urban farming dapat membuat seseorang lebih bahagia. Walaupun belum ada penelitiannya. Hal itu didasarkan pada pengalaman pribadi. Ketika tanaman yang kita tanam mulai tumbuh, mengeluarkan buah hingga masa panen. Adalah moment-moment yang sangat ditunggu dan mengasyikan.

Panen daun cincau

Salah satu kebiasaan Saya sebelum pergi ke kantor. Saya sempatkan untuk menyiram tanaman dan memeriksa kondisinya. Melihat tanaman pisang ketika sudah mengeluarkan jantung dan buah yang masih berukuran kecil ternyata mampu membuat mood Saya selalu terjaga.

Rencana kedepan Saya akan memulai menggunakan sistem hidroponik. Karena keterbatasan informasi dan alat. Saya coba untuk menyicil dari sekarang. Saya mulai cari alat dan bahan dari situs jual beli online dan mengumpulkan informasi seputar hidroponik dari youtube.

Bagaimana, tertarik untuk memulai urban farming?


Update* Buah pisang sudah mulai menguning pertanda sebentar lagi waktu panen tiba

No comments:

Post a Comment